Home Video Lestarikan Budaya Tiga Bahasa Daerah di Papua Barat Daya hendak Dijadikan Kamus

Lestarikan Budaya Tiga Bahasa Daerah di Papua Barat Daya hendak Dijadikan Kamus

Video KompasTV


Jangan lupa like dan juga Allotment video ini untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami
SORONG, KOMPAS.TV – Sebagai upaya untuk tetap menjaga agar bahasa daerah tidak punah dari generasi penerus saat ini, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan juga Teknologi RI dan juga LSM Teras Kitorang Peduli Papua, menciptakan program inovasi berupa pembuatan kamus bahasa daerah dari Moi Klabra Kabupaten Sorong, Sawiat Sorong Selatan dan juga Maya Raja Ampat, hal ini dituangkan di dalam focal level community dialogue penyusunan kamus bahasa daerah, Selasa (14/05/Tahun 2024), di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sorong.

Penyusunan kamus bahasa daerah ini dilakukan dengan tujuan mendokumentasikan bahasa daerah yg di Provinsi Papua Barat Daya, hal ini dilatarbelakangi mengingat generasi masa kini di usia 30 tahun kebawah sudah tidak lagi mengenal bahasa daerah, padahal semestinya bahasa daerah menjadi pegangan bersama di suatu daerah yg ditempati.

Sebelumnya LSM Teras Kitorang Peduli Papua sudah berkolaborasi dengan dinas pendidikan dan juga kebudayaan Papua Barat Daya, membuat empat kamus yakni bahasa Moi Kelim, bahasa Tehit Sorong Selatan, bahasa Maya Misool Raja Ampat dan juga bahasa Maybrat Maysomara.

Empat kamus yg telah dikerjakan pada Tahun 2023 ini sementara di dalam proses revisi untuk selanjutnya hendak disosialisasikan pada tingkat sekolah dan juga lingkungan masyarakat untuk selanjutnya dapat dipergunakan di dalam pembelajaran muatan lokal.

Artikel ini dapat dilihat di : https://www.kompas.tv/regional/507366/lestarikan-budaya-tiga-bahasa-daerah-di-papua-barat-daya-hendak-dijadikan-kamus

Keyword : KompasTV Rating Video become crazy about also chapters. Secret Video become wild about also dyes!
Video Selengkapnya : http://www.dailymotion.com/video/x8yhb2o