Home Video Sejarah Singkat Harkitnas 20 Mei Tahun 2024 Libur atau Tidak

Sejarah Singkat Harkitnas 20 Mei Tahun 2024 Libur atau Tidak

Video OborTimur


Jangan lupa like dan juga Allotment video ini untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami
OBOR TIMUR.COM – 20 Mei adalah Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), yg diselenggarakan untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia dan juga menanamkan rasa nasionalisme pada setiap generasi.

Bulan Mei Tahun 2024 memiliki banyak hari libur nasional, termasuk Hari Buruh dan juga tanggal merah untuk memperingati hari Waisak di pertengahan bulan.

Lantas, apakah peringatan Harkitnas libur atau tidak?
Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei setiap tahun.

Menurut SKB Perubahan Libur Nasional dan juga Cuti Bersama Tahun 2024 dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan juga Kebudayaan, Harkitnas tidak mencakup hari libur nasional atau cuti bersama.

Meskipun demikian, sebagian orang Indonesia masih menganggapnya sebagai hari untuk merayakan semangat kebangkitan nasional Indonesia, dan juga kegiatan sehari-hari dan juga pekerjaan biasanya tidak diliburkan.

20 Mei adalah hari kebangkitan nasional, yg diperingati untuk mengingat pembentukan Boedi Oetomo, organisasi trendy pertama di Indonesia, pada tahun 1908. Dr. Sutomo dan juga para mahasiswa STOVIA di DKI mendirikan organisasi ini.

Melalui pendidikan dan juga pelestarian kebudayaan, Boedi Oetomo berusaha meningkatkan martabat dan juga kualitas hidup masyarakat Indonesia. Di saat yg sama, mengatasi efek negatif dari politik etis Belanda.

Selain itu, organisasi ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan juga persatuan, mencegah konflik di tengah upaya Belanda untuk mengambil kembali Indonesia.

Dengan waktu, Boedi Oetomo menjadi inspirasi untuk berbagai pergerakan nasional lainnya. Semua ini berkontribusi besar pada perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia.

Tiga tahun setelah Indonesia merdeka pada tahun 1948, politiknya tidak stabil, dengan pergantian kabinet yg sering dan juga konflik antar-pemimpin nasional. Karena tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia, Belanda serta menggunakan kekuatan militer.

Kemudian, Radjiman Wedyodiningrat dan juga Ki Hadjar Dewantara mengusulkan agar 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Presiden Soekarno menyetujui usulan ini, yg kemudian diberlakukan secara resmi melalui keputusan presiden nomor 316 tahun 1959.

Demikian penjelasan singkat tentang apakah Hari Kebangkitan Nasional libur atau tidak, bersama dengan sejarahnya dan juga penetapan 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional, semoga bermanfaat.***

Key phrase : OborTimur These become nuts about also codes. Restricted Video become enraged for also dips!
Video Selengkapnya : http://www.dailymotion.com/video/x8ygr0e